Tujuan, Fungsi, Maupun Program Perpustakaan Umum Demi Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat

Tujuan, Fungsi, Maupun Program Perpustakaan Umum Demi Meningkatkan Daya Tarik Masyarakat
Di era informasi sekarang ini, pendidikan merupakan sesuatu yang penting bagi semua orang karena pendidikan merupakan akar dari peradaban sebuah bangsa. Pendidikan sekarang telah menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang agar dapat menjawab tantangan kehidupan. Untuk memperoleh pendidikan ada berbagai cara yang bisa ditempuh, diantaranya melalui pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan dapat diperoleh melalui jalur non formal yang salah satunya melalui perpustakaan, khususnya perpustakaan umum. 

Secara umum, perpustakaan mempunyai peranan yang sangat vital bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pertama, sebagai jantung pendidikan dan ilmu pengetahuan. Kedua, sebagai pusat pengumpulan dan penyimpanan sumber pengetahuan dan informasi. Ketiga, sebagai social center, yaitu pusat kegiatan masyarakat setempat.Perpustakaan Umum mempunyai peran sangat strategis dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, sebagai wahana belajar sepanjanghayat untuk mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional, serta merupakan wahana pelestarian kekayaan budaya bangsa, hal ini sesuai dengan yang diamanatkan oleh Undang-undang Dasar 1945 yaitu sebagai wahana mencerdaskan kehidupan bangsa (Daryono, 2009: 1).

Di negara yang sudah maju, perpustakaan umum merupakan cermin kemajuan masyarakatnya karena perpustakaan adalah bagian dari kebutuhan hidup sehari-hari. Hal itu diikuti dengan kemudahan memperoleh akses dan kelengkapan sarana dan ketersediaan sumber informasi yang sangat memadai.Sedangkan eksistensi dan perhatian masyarakat terhadap perpustakaan di negara-negara berkembang masih sangat terbatas. Kalaupun perhatian itu ada, hanya sebatas keinginan dan bukan merupakan salah satu kebutuhan mereka. Apalagi dengan krisis ekonomi global saat ini, dimana orang lebih mementingkan pemenuhan kebutuhan sosial, dan ekonomi mereka. Sehingga sedikit dari mereka yang mengetahui tujuan,fungsi maupun peran perpustakaan umum sekarang ini.

Dalam hal ini masyarakat umum di harapkan benar-benar memahami dan bisa menggunakan fungsi dan peran penting keberadaan perpustakaan umum,demi menunjang kebutuhan informasi yang di perlukan sebagaimana umumnya.

1. Pengertian Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum adalah suatu unit/lembaga layanan informasi yang diselenggaran di tempat tinggal penduduk baik kota/desa yang diperuntukkan bagi semua kalangan/golongan masyarakat tanpa memandang latar belakang,agama,pendidikan maupun status sosial-ekonomi dan sebagainya guna sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi yang dibutuhkan masyarakat/penduduk pada umumnya. 

Perpustakaan umum terdiri dari beberapa bagian seperti pengadaan, pengolahan dan pelayanan bahan pustaka. Masing-masing bagian saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mendayagunakan agar koleksi yang dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemustaka. 

Untuk mengetahui lebih dalam, berikut ini akan dijelaskan tentang tujuan, fungsi,maupun peran perpustakaan umum.

2. Fungsi Perpustakaan Umum
Secara umum, perpustakaan mengemban beberapa fungsi umum sebagai berikut : 

a. Fungsi Informasi
Perpustakaan menyediakan berbagai macam informasi yang meliputi bahan tercetak, terekam maupun koleksi lainnya agar penggunaan perpustakaan dapat mengambil berbagai ide dari buku yang ditulis oleh para ahli dari berbagai bidang ilmu ,menumbuhkan rasa percaya diri dalam menyerap informasi dalam berbagai bidang serta mempunyai kesempatan untuk dapat memilih informasi yang layak sesuai kebutuhannya.

b. Fungsi Pendidikan
Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan informal,artinya perpustakaan merupakan tempat belajar di luar bangku sekolahmaupun juga tempat belajar dalam lingkungan pendidikan sekolah. Melalui fungsi ini manfaat yang dapat diperoleh adalah agar pengguna perpustakaan mendapatkan kesempatan untuk mendidik diri sendiri secara berkesinambungan; untuk mengembangkan dan membangkitkan minat yang telah dimiliki pengguna. 

c. Fungsi Kebudayaan
Perpustakaan merupakan tempat untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat. Sebagai fungsi kebudayaan maka perpustakaan dimanfaatkan pengguna sebagai rekaman budaya bangsa untuk meningkatkan taraf hidup dan mutu kehidupan manusia baik secara individu maupun kelompok,membangkitkan minat terhadap kesenian dan keindahan yang merupakan salah satu kebutuhan manusia terhadap cita rasa seni, mendorong tumbuhnya kreativitas dalam kesenian; mengembangkan sikap dan sifat hubungan manusia yang positif serta menunjang kehidupan antar budaya secara harmonis.

d. Fungsi Rekreasi
Sebagai fungsi rekreasi maka perpustakaan dimanfaatkan pengguna untuk: menciptakan kehidupan yang seimbang antara jasmani dan rohani; mengembangkan minat rekreasi pengguna melalui berbagai bacaan dan pemanfaatan waktu senggang; menunjang berbagai kegiatan kreatif sertahiburan yang positif.

e. Fungsi Penelitian
Sebagai fungsi penelitian maka perpustakaan menyediakan berbagai informasi untuk menunjang kegiatan penelitian yang meliputi berbagaI jenis maupun bentuk informasi itu sendiri.

f. Fungsi Deposit
Sebagai fungsi deposit maka perpustakaan berkewajiban menyimpan dan melestarikan semua karya cetak dan karya rekam yang diterbitkan di wilayah Indonesia. Perpustakaan yang menjalankan fungsi deposit secara nasional adalah Perpustakaan Nasional.

3. Tujuan Perpustakaan Umum
Tujuan perpustakaan umum dirinci ke dalam tiga jenis tujuan (Buku Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Umum,1992 : 6) sebagai berikut :

a. Tujuan Umum
Tujuan umum perpustakaan adalah membina dan mengembangkan kebiasaan membaca dan belajar sebagai suatu proses yang berkesinambungan seumur hidup serta kesegaran jasmani dan rohani masyarakat berada dalam jangkauan layanan, sehingga berkembang daya kreasi dan inovasinya bagi peningkatan martabat dan produktivitas setiap warga masyarakat secara menyeluruh dalam menunjang pembangunan nasional.

b. Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional dan tujuan khusus Perpustakaan Umum adalah :
1. Mengembangkan minat, kemampuan dan kebiasaan membaca, serta mendayagunakan budaya tulisan dalam segala sektor kehidupan.
2. Mengembangkan kemampuan mencari, mengolah serta memanfaatkan informasi.
3. Mendidik masyarakat pada umumnya agar dapat memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasi.
4. Meletakkan dasar-dasar ke arah belajar mandiri.
5. Memupuk minat dan bakat masyarakat.
6. Menumbuhkan kemampuan masyarakat untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan atas tanggung jawab dan usaha sendiri dengan mengembangkan kemampuan membaca masyarakat.
7. Berpartisipasi aktif dalam menunjang pembangunan nasional yang menyediakan bahan pustaka yang dibutuhkan dalam pembangunan sesuai kebutuhan seluruh lapisan masyarakat.

c. Tujuan Operasional
Tujuan Operasional Perpustakaan umum merupakan pernyataan formal yang terperinci tentang sasaran yang harus dicapai serta cara mencapainya, sehingga tujuan tersebut dapat dimonitor, diukur dan dievaluasi keberhasilannya.

4. Peran Perpustakaan Umum
Setiap perpustakaan dapat mempertahankan eksistensinya apabila dapat menjalankan peranannya. Secara umum peran-peran yang dapat dilakukan adalah : 
1. Menjadi media antara pemakai dengan koleksi sebagai sumber informasi pengetahuan.
2. Menjadi lembaga pengembangan minat dan budaya membaca serta pembangkit kesadaran pentingnya belajar sepanjang hayat.
3. Mengembangkan komunikasi antara pemakai dan atau dengan penyelenggara sehingga tercipta kolaborasi, sharing pengetahuan maupun komunikasi ilmiah lainnya.
4. Motivator, mediator dan fasilitator bagi pemakai dalam usaha mencari, memanfaatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman.
5. Berperan sebagai agen perubah, pembangunan dan kebudayaan manusia.
5. Program Perpustakaan Umum

Dari pembahasan di atas mengenai tujuan, fungsi maupun peran perpustakaan umum pada kenyataan maupun penerapannya tidak berjalan dengan maksimal. Salah satu faktor penghambatnya adalah masalah ekonomi dan kurangnya kesadaran masyarakat tentang hakikat peran Perpustakaan Umum terutama masyarakat pedesaan. Sehingga hal ini tidak dapat mendorong dan menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya Perpustakaan Umum. 

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut adapun program yang mendukung adanya partisipasi masyarakat yang perlu di selenggarakan, karena konsep pengambilan peran aktif perpustakaan ini ialah sebagai konsekuensi logis untuk menarik minat masyarakat. Beberapa program yang bisa diselenggarakan yang dapat meningkatkan peran aktif anggota masyarakat di Perpustakaan umum adalah:
  • Mengadakan Diskusi, seminar, dan musyawarah, baik mengenai pengetahuan-pengetahuan umum maupun berkaitan dengan permasalahan desa yang diselenggarakan di Perpustakaan Umum. 
  • Permainan, pertandingan, dan perlombaan dalam bidang seni, olah raga, pendidikan dan kebudayaan yang berpusat di Perpustakaan Umum ini. 
  • Mengadakan Pameran hasil karya dan koleksi masyarakat yang berpusat di PerpustakaanUmum. 
  • Pengembangan kelompok kerja yang ditujukan sebagai penggagas pengembangan desa berbasis perpustakaan serta pelaksana kongkritnya. 
  • Education learning tentang perpustakaan yang berpusat di Perpustakaan Umum. 
Untuk memperkenalkan pada masyarakat tentang program Perpustakaan Umum ini maka perlu diadakan sosialisasi dan pengenalan dengan memberikan berbagai macam perlombaan dalam bidang seni, olah raga, pendidikan dan kebudayaan yang berpusat di Perpustakaan Umum.
 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger