Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI

Ilmu Hubungan Internasional FISIP UI
Pada dasarnya ilmu hubungan internasional adalah sebuah disiplin yang bersifat multidisipliner, yang relatif muda (diban-dingkan dengan disiplin-disiplin lain da-lam ilmu-ilmu sosial). Berdasarkan pema-haman umumnya, ilmu hubungan interna-sional merupakan suatu kajian yang mem-pelajari interaksi antar aktor-aktor dalam hubungan internasional pada berbagai aspek kehidupan (seperti politik, ekonomi, pertahanan keamanan, sosial budaya, lingkungan hidup). 

Oleh karena itu dalam penyelenggaraan Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional, selain mendasarkan diri pada suatu kurikulum yang khas, juga memanfaatkan berbagai disiplin lainnya yang terdapat baik di lingkungan FISIP-UI sendiri maupun di luar FISIP-UI terutama Fakultas Sastra, Hukum, Ekonomi di Universitas Indonesia.

Tujuan akhir program pendidikan ilmu hubungan internasional ini antara lain menghasilkan lulusan yang minimal me-nguasai teori-teori dasar dalam ilmu hu-bungan internasional, sehingga mampu mengindentifikasi, menjelaskan (terma-suk menguraikan) berbagai fenomena hu-bungan internasional yang ada, bahkan dapat pula membuat prediksi. Hal itu semua akan tercapai bila lulusan Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional mampu mengaplikasikan berbagai penge-tahuan teori yang diperolehnya ke dalam kasus-kasus yang hendak dijelaskannya, baik masalah-masalah konvensional mau-pun masalah-masalah non konvensional.

Dengan bekal kemampuan tersebut, maka program sarjana reguler ilmu hu-bungan internasional sendiri, langsung maupun tidak langsung, akan semakin mampu mengembangkan diri sebagai se-buah institusi keilmuan ke arah yang lebih maju, di samping terus-menerus meme-nuhi kebutuhan praktis masyarakat. Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasio-nal sebagai sebuah lembaga mempunyai peranan yang vital dalam mengembang-kan disiplin hubungan internasional, na-mun tetap bercirikan keindonesiaannya. Pengembangan tersebut antara lain diupa-yakan melalui berbagai aktivitas Labora-torium Ilmu Hubungan Internasional seba-gai salah satu perangkat penting program sarjana reguler ilmu hubungan internasio-nal dalam melaksanakan misi pendidikan-nya (seperti penelitian, pelatihan, dan penerbitan jurnal ilmiah). 

Berdasarkan hal tersebut, selain meng-hasilkan lulusan yang unggul secara akade-mis di bidang ilmu hubungan internasional, Program Sarjana Ilmu Hubungan Interna-sional juga mengembangkan keahlian terapan yang berguna untuk berbagai bidang pekerjaan di pemerintahan, media massa, lembaga penelitian, konsultan dan usaha swasta lainnya. Guna mencapai hal tersebut, maka Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional dalam rencana pe-ngembangan program pendidikannya, senantiasa berupaya mengintegrasikan kurikulum pendidikannya dengan kuri-kulum tingkat lanjutan (S2 dan S3). Salah satu upaya tersebut telah dimulai dengan melakukan penyamaan orientasi pengem-bangan pendidikan tinggi.

Orientasi pengembangan pendidikan yang dianggap sangat relevan dengan per-kembangan zaman saat ini adalah suatu arah pedoman penyelenggaraan pendi-dikan ilmu hubungan internasional yang mengikuti kecenderungan perkembangan hubungan internasional yang sedang ber-laku saat ini, yaitu kecenderungan ber-kembangnya hubungan ekonomi politik internasional dan kecenderungan hubung-an politik strategik internasional. Kedua kecenderungan ini tetap relevan pada era Milenium III, sehingga Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional memandang perlu mewadahinya melalui pembentukan konsentrasi-konsentrasi pada kurikulum program pendidikannya. Konsentrasi ter-sebut adalah (1) Ekonomi Politik Intrerna-sional, dan (2) Pengkajian Strategik dan Diplomasi. 

Dalam kurikulum program pendidikan-nya, masing-masing konsentrasi tersebut memberikan pengetahuan dasar yang memadai untuk bidangnya masing-masing. Selanjutnya dalam kurikulum pendidikan magister, pengetahuan pada masing-masing konsentrasi ini akan dipelajari secara lebih mendalam. Dengan demikian pada akhirnya seluruh pengeta-huan yang diberikan oleh Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional (melalui program-program pendidikannya) dapat mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu menghasilkan suatu kualitas lulusan ilmu hubungan internasional yang handal dan mampu bersaing di tingkat lokal, regional dan bahkan dunia internasional.
 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger