Penerapan Mata Uang Tunggal Euro Terhadap Perekonomian Global

Penerapan Mata Uang Tunggal Euro Terhadap Perekonomian Global
Dalam koridor perekonomian, integrasi regional merupakan upaya untuk menyatukan potensi ekonomi dari berbagai negara dengan tujuan yang sama yaitu mencapai kesejahteraan dan kemakmuran. Dengan mempersatukan potensi dari beberapa negara dalam satu kawasan maka diharapkan semua negara tersebut memperoleh dampak positif dari integrasi. Integrasi ekonomi regional ini dapat terwujud melalui kerja sama antar negara dan dapat berbentuk kelembagaan, salah satunya adalah Uni Eropa.

Saat ini Uni Eropa merupakan salah satu blok integrasi ekonomi regional yang memiliki kekuatan yang besar baik dalam politik dan perekonomian dunia. Saat ini Eropa menjadi suatu model kawasan yang paling sempurna dalam mengembangkan solidaritas dan kerjasama kawasan yang digalang oleh Uni Eropa. Organisasi antar pemerintah ini memang unik karena bukan sebuah negara, meskipun memiliki Parlemen Eropa, dan tidak akan menghilangkan eksistensi negara-negara yang ada saat ini.

Sejak tahun 2002 Uni Eropa telah melakukan bentuk integrasi yang dapat dikatakan sebagai suatu terobosan dalam perekonomian dunia yaitu pemberlakuan mata uang Euro yang merupakan mata uang tunggal bagi 12 negara anggota Uni Eropa. Saat ini terdapat 17 negaraUni Eropa yang menerapkan mata uang Euro. Integrasi mata uang Euro menjadi lebih istimewa terkait dengan sejarah Eropa yang diwarnai peperangan antar negara dalam kawasan tersebut. Penggunaan Euro merupakan peristiwa bersejarah dalam perekonomian bukan hanya bagi Eropa namun juga dunia.

Pemberlakuan Euro juga mendorong pertumbuhan ekonomi karena biaya transaksi yang lebih rendah sehingga menarik kegiatan investasi dan kegiatan ekonomi laainnya. Penggunaan Euro juga memberikan efisiensi karena hilangnya biaya tambahan yang muncul dari perbedaan nilai tukar mata uang. Dalam konteks perdagangan internasional Euro diharapkan meningkatkan prospek ekonomi Eropa di pasar global, di samping itu Euro diharapkan dapat menjadi standar mata uang internasional dalam investasi global.

Tujuan Integrasi Ekonomi
Pakar ilmu Hubungan Internasional, Walter S. Jones, menyatakan bahwa ada tiga tujuan yang mendorong lahirnya integrasi ekonomi dalam suatu kawasan, yaitu:
1. Potensi ekonomi, tujuan dari integrasi ekonomi adalah untuk mengoptimalkan potensi ekonomi masing-masing negara yang berintegrasi dengan tujuan agar memiliki daya saing yang lebih kuat, seperti halnya dengan pembentukan MEE (Meeting Economic European) pada tahun 1957 untuk dapat bersaing dengan perekonomian Amerika Serikat.
2. Potensi politik, tujuan membentuk integrasi ekonomi tidak dapat dilepaskan dari motivasi politik yang ditujukan untuk memaksimalkan potensi politik.
3. Resolusi konflik yang bertujuan untuk mencari pemecahan atas konflik-konflik yang mereka hadapi bersama. Dengan adanya integrasi akan tumbuh interdependensi antara negara anggota dan dengan sendirinya benih-benih konflik dapat diminimalisir atau setidak-tidaknya bila terjadi konflik antar negara, maka dapat terselesaikan dengan mekanisme organisasi yang ada dalam integrasi tersebut. 

Dalam perekonomian internasional terjadi interaksi ekonomi-politik yang mengalami pasang-surut pada profit ekonomi. Hal ini didukung pula dengan situasi politik suatu negara dalam bentuk kebijakan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger