Pengertian, Skop, Dan Fungsi-Fungsi Pokok Administrasi Pendidikan

Pengertian, Skop, Dan Fungsi-Fungsi Pokok Administrasi Pendidikan 
1. Apakah administrasi pendidikan itu?
a. Ilmu administrasi dan administrasi pendidikan
Dalam penjelasan administrasi pendidikan, kita tidak terlepas begitu saja dari pengertian ilmu administrasi. Bahwa administrasi pendidikan menrupakan pengguna dari aplikasi ilmu administrasi dari pendidikan. Administrasi pendidikan merupakan ilmu yang muncul pada abad ke-19, bahwa kata administrasi berasal dari kata latin “ad” dan ”ministrate”. Ad = kepada, ministrate = melayani, membantu, atau mengarahkan. Jadi dapat kita artikan administrasi adalah sebagai kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan, atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai tujuan b. Pengertian administrasi pendidikan.

Pengertian administrasi didepan sudah dikemukakan, bahwa pengertian pendidikan menurut Driyakarya yakni memanusiakan manusia. Dalam UU No.20/2003 (SISDIKNAS 2003) Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar agar pesrta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Sedangkan pengertian administrasi pendidikan menurut Ngalim Purwanto yakni mencakup kegiatan yang luas, meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dsb, yang menyangkut bidang materil, personil dan spiritual dalam bidang pendidikan pada umumnya, dan dalam bidang sekolah pada khususnya.

2. Manajemen dan administrasi pendidikan
Manajemen adalah proses untuk menyelenggarakan dan mengawasi suatu tujuan tertentu. Dalam definisi lain mengemukakan bahwa manajemen adalah fungsi dewan manajer (biasanya dinamakan manajemen), untuk menmetapkan kebijakan (policy) mengenai apa macam produk yang akan dibuat, bagaimana pembiayaannya, memberikan servise dan memilih serta melatih pegawai, dan lain-lain faktor yang mempengaruhi kegiatan usah. Lebih lagi manajemen bertanggung jawab dalam membuat suatu susunan organisasi untuk melaksanakan kebijakan itu.

3. Administrasi pendidikan dan administrasi sekolah
Adminstrasi pendidikan mengandung pengertian yang lebih luas daripada administrasi sekolah. Administrasi sekolah merupakan bagian dari administrasi pendidikan, administrasi pendidikan meliputi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan pendidikan di suatu negara atau bahkan pendidikan pada umumnya. Sedang administrasi sekolah kegiatannya terbatas pada pelaksanaan pengelolaan pendidikan di sekolah hingga akhirnya kita mengenal adanya administrasi sekolah dasar, menengah, perguruan tingi dan sebagainya.

4. Skop (bidang garapan) administrasi pendidikan
Dapat kita simpulakan bahwa administrasi pendidikan mencakup beberapa hal diantaranya; administrasi personil, administrasi kurikulum, kepemimpinan, kepengawasan, atau supervisi pendidikan, administrasi bisinis pendidikan, organisasi lembaga pendidikan, dan lain sebagainya.

5. Pentingnya administrasi pendidikan
Yakni untuk menentukan maju mundurnya suatu instansi atau lembaga yang mereka garap, suatu sekolah dapat berjalan baik dan berarah jika setiap tahun sekolah itu menentukan dan merencanakan kebijakan yang akan dijalankan pada tahun itu.

6. Fungsi-fungsi Pokok administrsi pendidikan.
Dalam fungsi pokok administrasi pendidikan yang mencangkup perencanaan, organisasi, koordinasi, komunikasi, dan evaluasi, semua fungsi tersebut satu sama lain saling berkaitan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger