KEDAI KOPI REPUBLIK

KEDAI KOPI REPUBLIK 
A. RINGKASAN EKSEKUTIF (EXECUTIVE SUMMARY)
Kedai Kopi Republik (KKR) adalah konsep kedai bar khusus kopi espresso yang dibuat dari bahan-bahan kopi asli dari berbagai pelosok Indonesia terpilih dan beragam. KKR menawarkan pengalaman (experience) minum kopi dengan atmosfir kedai bar untuk menikmati ritual minum kopi menjadi sesuatu yang menyenangkan. Konsep ini dibuat berbeda dengan kedai kopi yang saat ini ada di Indonesia.

KKR menawarkan pelanggannya ramuan espresso berkualitas tinggi seperti caffe late, caffe mocha dan machiato. Minuman tersebut disajikan oleh para “Barista” terlatih dengan keahliannya. Para Barista akan menyajikan minuman-minuman tersebut dengan mencampur espresso dengan susu murni, susu coklat dan cita rasa lainnya atau whiped cream dalam berbagai variasi tergantung tipe minuman yang dipesan. Sebagai pelengkap menu kopi, KKR juga menyajikan bermacam-macam minuman teh, jus, macam-macam kue dan muffin.

Kedai KKR yang pertama akan di buka di Jakarta, gerainya akan berada di mal-mal besar dan gedung-gedung perkantoran utama. Pertama, KKR akan buka di Mal Pondok Indah 2, setelah itu berturut-turut di mal Senayan City dan Pacific Place. Meskipun Starbuck agresif mengisi kota-kota besar di Indonesia, pada dasarnya masih terdapat peluang bagi kedai-kedai kopi kecil untuk masuk pasar ini. Hal ini terbukti dengan eksisnya beberapa kedai kopi seperti Coffe Bean, Cafe Oh La La, Excelco dan lain-lain.

Peluang membuka kedai kopi di mal dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka, karena bagi masyarakat kota, minum kopi bersama sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai kopi dan suasana minum kopi yang relax, lepas dan informasi yang dinikmati sambil ngobrol, chatting/browsing internet, rapat kecil atau diskusi. Lebih dari itu kedai kopi sudah menjadi tempat yang strategis untuk membuat kesepakatan dan negosiasi bisnis atau tempat untuk menghabiskan waktu menunggu jam-jam macet di ibukota.

Elemen-elemen utama yang ditawarkan dan membedakan antara KKR dengan kedai kopi pada umumnya adalah:
1. Produk yang berkualitas tinggi, dari biji-biji kopi pilihan, bahan-bahan asli dari Indonesia.
2. Layanan konsumen yang prima.
3. Metode pemasaran yang unik.
4. Lokasi gerai yang nyaman.
5. Desain dan atmosfir gerai yang cozy dan hangat.

Tahap awal dari Rencana Bisnis ini adalah membuka gerai seluas 200m2, namun target jangka panjang adalah ekspansi agresif ke seluruh mal terkemuka di kota-kota besar lain.

B. GAMBARAN USAHA
1. Konsep Bisnis
Kedai Kopi Republik (KKR) adalah konsep kedai bar khusus espresso yang didasarkan pada minunam kopi espresso yang terpilih dari biji-biji kopi pilihan Indonesia dan beragam. KKR menawarkan pengalaman minum kopi dengan menciptakan atmosfir untuk menikmati minuman kopi khusus dan membuat acara minum kopi adalah tujuan setiap konsumen yang datang. Konsep ini berbeda dengan kedai kopi yang saat ini ada di Indonesia.

Kedai ini akan pertama kali dibuka di Jakarta dan dikembangkan di beberapa kota besar lainnya. Konsep kedai ini berbeda dengan kedai kopi yang umumnya tidak menyediakan bar dan fokus hanya pada minuman kopi, dan serangkaian sajian ramuan lainnya dengan basis espresso yaitu caffe latte, cafe mocha dan machiato.

Rencana jangka pendek perusahanaan akan mendirikan gerai pertama seluas kurang dari atau sama dengan 200 m2 di kota Jakarta. Rencana jangka menengah perusahaan akan melakukan strategi ekspansi di Jakarta (dengan menambah dua gerai) dan satu gerai di Bandung. Sementara itu, rencana jangka panjang perusahaan adalah menjadi pemimpin pasar kedai kopi bar di kota-kota besar lainnya dengan melalui franchise.

Manajemen perusahaan ingin menekankan bahwa peluang membuka kedai kopi bar di mal dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka, hal ini karena minum kopi dan bertemu di kedai kopi bagi banyak orang sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai minuman dan susana di kedai kopi. Minum kopi dei kedai kopi khusus telah menjadi gaya hidup kalangan tertentu.

2. Produk yang Ditawarkan
Kedai Kopi Republik didirikan untuk menyediakan kopi dengan kualitas tinggi. Penawaran ini akan menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen akan kopi dengan kualitas tinggi. Menu diracik dengan sentuhan profesional untuk memberikan cita rasa unik dan modern yang berbeda dengan yang ditawarakan pesaing. Selain itu, juga ditawarkan jenis-jenis kudapan berkualitas tinggi sebagai pelengkap.

Menu-menu yang ditawarkan oleh KKR
a. Menu Kopi
KKR menawakan minuman espresso gaya Italia, baik yang mengandung kafein maupun yang tidak, meliputi espresso, caffe latte, cappuccino, caffe mocha dan espresso macchiato dengan biji kopi asal Indonesia (Takengan, Lampung, Toraja, Mandailing, Merapi, Bali). Menu ini akan disajikan dengan kayu manis dari pegunungan dan rempah-rempah dari Indonesia, susu murni, susu coklat, cita rasa lainnya, atau whiped cream dalam berbagai variasi tergantung tipe minuman yang dipesan oleh pelanggan. Semua jenis espresso tersebut disajikan dalam bentuk dingin.

Selain itu, pelanggan juga dapat memesan cappucino shake dengan rasa vanila, coklat, kayu manis dan pala untuk memperoleh menu yang lebih sehat.

b. Menu Lainnya
Menu lain yang ditawarkan adalah:
1) Jenis teh: variasi teh termasuk yang klasik, rasa eksotis, dan teh rasa buah.
2) Jus buah segar: jeruk
3) Air mineral

c. Kue kopi dan kudapan
Kedai Kopi Republik akan menawarkan pula ragam kudapan dan kue dengan kualitas tinggi. Yaitu meliputi jenis kue kopi, muffin dan kue krim keju. Untuk menawarkan jenis makanan yang lebih sehat akan ditawarkan pula jenis kue muffin dan kue rendah kalori dan bebas gula.

3. Harga
Harga yang ditawarkan oleh KKR kompetitif dan tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan pesaingnya.

Berikut adalah daftar harga:
  • Cappucino Rp 18.500,-
  • Espresso Rp 17.000,-
  • Teh Rp 15.000,-
  • Jus Rp 16.000,-
  • Kue dan Snack Rp 8.000,- s/d Rp 10.000,-
Harga yang ditawarkan relatif bersaing dibandingkan dengan pesaing. Selain itu perusahaan akan melatih para Barista-nya untuk mengimplementasikan strategi “up-selling” dimana konsumen didorong secara aktif untuk mencoba rasa kombinasi baru dan menambah volume konsumsinya.

4. Desain gerai
KKR akan dirancang dengan cozy dan hangat pada interior dan perabotannya. Atmosfir kehangatan sangat diperhatikan untuk menambah daya tarik gerai. Sejalan dengan kebutuhan masyarakat kota yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi akan disediakan pula fasilitas wifi dan internet akses.

5. Lokasi dan wilayah
Berbeda dengan umumnya kedai kopi, gerai KKR berlokasi di mal-mal dan gedung-gedung perkantoran dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi dan merupakan area komersial. Hal ini memberikan manfaat ganda bagi konsumennya, yaitu masih bisa berjalan-jalan di mal setelah atau sebelum menyeruput kopi. Selain itu kenyamanan gerai menjadi nilai jual yang berbeda sehingga dapat menarik konsumen untuk berkunjung.

C. PEMASARAN
1. Kondisi Pasar
Salah satu ciri perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerjanya (Majalah Marketing). Tempat berkumpul umumnya adalah kafe, fitness center, arisan dan lain sebagainya. Itu sebabnya fasilitas-fasilitas seperti itu banyak didirikan sebagai tanggapan atas perilaku konsumen yang demikian, Perilaku suka berkumpul merupakan ciri atau indikator bahwa masyarakat Indonesia memiliki kehidupan sosial yang kuat.

Pergi ke kafe telah menjadi tren bagi masyarakat perkotaan saat ini. Salah satunya dipicu oleh perilaku konsumsi yang dimudahkan oleh fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh perbankan. Mulai tahun 2007 sampai saat ini, industri perbankan melalui produk kartu kreditnya menjadikan program diskon (biasanya berkisar 30-50%) di berbagai kafe dan resto menjadi program andalannya. Inilah faktor pemicu tingkat kunjungan konsumen ke kafe dan resto yang meningkat tajam-khususnya pada akhir pekan.

2. Calon Pelanggan
Pasar sasaran KKR adalah pekerja kantoran, baik yang profesional maupun non profesional, usia dewasa, dengan kelas sosial menengah ke atas. Gerai akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh kalangan pegawai kantoran tersebut.

Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesanan melalui take away.

3. Strategi Pemasaran
Perusahaan akan menerapkan strategi pemasaran dan persediaan barang dagangan yang agresif yang dirancang untuk menciptakan dan mempertegas citra merek perusahaan. Perusahaan akan menggunakan logo KKR secara ekstensif pada presentasi produknya yang inovatif, kemasan dan selebaran. Sebagai tambahan, karyawan juga menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif seperti sampel gratis dari “menu hari ini” kartu keanggotaan, materi edukasi mengenai produk kopi termasuk poster-poster dan T-shirt.

Implementasi strategi pemasaran meliputi hal-hal berikut:
1) Memberikan sampel gratis agar konsumen dapat mencoba ‘rasa hari ini’.
2) Penawaran kartu “2 for 1” yang hanya dapat digunakan pada hari-hari tertentu untuk mendorong kunjungan berganda.
3) Materi-materi edukasi (seperti poster dan selebaran) yang berkaitan dengan kualitas kopi, manfaatnya dan petunjuk pemanfaatan bahan-baku terebut.
4) Layanan proaktif karyawan: melatih dan mendidik karyawan mengenai teknik layanan dan persiapan serta cara melayani konsumen dengan antusias.
5) Memberikan jasa antar gratis pada wilayah perkantoran sekitar gerai.
6) Penempelan logo, media luar runag dan lain sebagainya.

Bentuk lain strategi merchandising adalah tampilan cup take away yang atraktif. Akan dirancang dengan bahan yang aman bagi lingkungan dan di desain dengan logo perusahaan yang menarik. 

D. PESAING
Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan, pengenalan akan nama merek dan lokasi gerai.

Kedai Kopi Republik akan bersaing langsung dengan sesama kedai kopi (Starbucks, Coffe Bean, J-Co), Resto dan Cafe (Expresso, Oh La La).

E. OPERASIONAL
Sebuah kedai kopi harus memiliki fasilitas-fasilitas yang memenuhi standar persyaratan, yang diperlukan untuk menunjang operasionalnya, antara lain : persyaratan fisik, manajemen operasional, dan pelayanannya. Ketiga faktor tersebut merupakan komponen penting yang sangat menentukan kualitas dan kelas daripada sebuah kedai kopi. Persyaratan fisik merupakan faktor yang memiliki bobot yang cukup besar dalam menentukan kualitas pelayanan sebuah kedai kopi dibandingkan dengan komponen lainnya.

Persyaratan fisik KKR secara umum dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu : 
fisik umum dan fisik ruang, perlengkapan dan peralatan. 

Persyaratan fisik umum berbentuk, seperti : gerai, pencegahan bahaya kebakaran, pembuangan air limbah, sampah dan lain-lainnya. Sedangkan fisik ruang, perlengkapan dan peralatan dapat berbentuk, seperti : dapur, ruang makan, gudang, toilet, ruang administrasi dan ruang karyawan. Dari kedua komponen fisik restoran tersebut, komponen fisik ruang, perlengkapan dan peralatan memiliki peranan lebih vital dibandingkan komponen fisik umum, khususnya : dapur dan toilet. Selain dapur dan toilet. komponen fisik ruang, perlengkapan dan peralatan yang memiliki peranan cukup penting adalah ruang makan, gudang dan ruang karyawan.

Komponen yang sangat penting dalam persyaratan fisik umum adalah komponen ruang, yang meliputi : pembagian ruang, pengaturan ruang dan dekorasi ruang. Sedangkan komponen lainnya yang cukup penting dalam persyaratan fisik umum adalah lokasi dan lingkungan, yang meliputi : keberadaan KKR dan lingkungan luarnya (kebisingan, bau, debu, asap dam serangga atau binatang pengganggu lainnya). Utilitas (air, listrik, emergency lamp dan tata udara juga merupakan komponen vital lainnya dalam persyaratan fisik umum tersebut, demikian juga dengan pencegahan bahaya kebakaran.

Sementara itu faktor penting yang diperlukan dalam menunjang operasional KKR, antara lain: struktur organisasi, standar pelaksanaan operasional, kesehatan lingkungan dan lain-lainnya. Sedangkan persyaratan pelayanan yang diperlukan untuk menunjang operasional KKR adalah penjualan dan penyajian makanan, ketrampilan “bartista”, penyajian hiburan, keamanan dan lain-lainnya. Masing-masing komponen tersebut, baik : fisik, operasional maupun pelayanan akan sangat menentukan kualitas KKR dan sekaligus akan menentukan mutu pelayanan sebuah kedai kopi. 

F. MANAJEMEN
Untuk menerapkan layanan yang positif dan proaktif maka pegawai memiliki peranan yang penting dalam hal ini. Oleh karenanya perusahaan menetapkan pegawai yang direkrut adalah orang yang berpenampilan menarik dan gembira, sekatan, motivasi tinggi dan yang memiliki komitmen untuk melayani konsumen. Perusahaan juga memberikan perhatian pada pelatihan, pengembangan diri karyawan dan kompensasi bagi hasil bagi karyawannya agar dapat memberikan layanan yang prima.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger