Jenis-Jenis Teh Dan Cara Pengolahannya

Jenis-Jenis Teh Dan Cara Pengolahannya
1. Karakteristik Daun Teh
Tanaman teh berupa pohon, karena pemangkasan kerapkali seperti perdu, tinggi 5-10 meter. Daun muda berambut halus, tersebar, tunggal, helaian daun elliptis memanjang dengan ujung runcing, tepinya bergerigi, duduk daun secara berselang-seling, tunas tumbuh dari ketiak daun tua. Besarnya daun berkisar antara 2,5 cm – 25 cm, tergantung pada varietasnya. Daun tua bertekstur seperti kulit, permukaan atasnya berkilap, dan berwarna hijau kelam. 

2.Komposisi kimia daun teh segar (Arifin, 1994 dan Setyamidjaja, 2000)
Komposisi senyawa kimia daun teh terdiri atas 4 kelompok besar, yaitu :

2.1. Substansi Fenol
2.1.1 Tanin Katekin
Tanin katekin adalah senyawa yang tidak berwarna, dan dapat menentukan sifat produk teh seperti rasa, warna dan aroma. Tanin pada daun teh merupakan turunan dari asam galat. Kebanyakan turunan galat disebut tanin karena dapat menyamak kulit (tanin berasal dari kata tanning=menyamak). Sedangkan tanin pada daun teh, tidak bersifat menyamak kulit. Tanin katekin pada daun teh meruapakan senyawa yang sangat kompleks, tersusun sebagai senyawa-senyawa katekin, epikatekin galat, epigalokatekin, epigalokatekin galat, dan galokatekin. Menurut Bruneton (1999) tanin pada daun teh adalah tanin kondensasi atau tanin katekin. 

Kandungan katekin berkisar 20-30% dari seluruh berat kering daun. Diantara keenam katekin tersebut epigalotekindan galatnya merupakan bahan terbanyak (Kustamiyati, 1975; Hara, 1991).

Selama proses pelayuan kandungan katekin akan berkurang 3%. Kemudian pada waktu penggulungan daun susut lagi, dan pada oksidasi enzimatis kadar katekin susut sekitar 20% - 23%, dan waktu pengeringan kadarnya susut lagi sebanyak 5% (Adisewojo, 1982).

Menurut Pearson (1970) dan Bambang (1995) dalam hasil penelitiaanya tentang analisis kandungan katekin pada produk teh yaitu : teh hitam mengandung katekin rata-rata 7,99%. Sedangkan teh hijau mengandung katekin rata-rata 17,68% dan teh wangi mengandung katekin rata-rata 15,13% (Gunawijaya, 1991; Bambang, 1995). 

2.1.2. Flavanol 
Flavanol hampir serupa dengan katekin tetapi berbeda pada tingkatan oxidasi dari inti difenilpropan primernya. Flavanol pada teh meliputi kaemferol, kuersetin, dan mirisetin. 

2.2 Substansi bukan Fenol
2.2.1 Karbohidrat
Daun teh mengandung karbohidrat meliputi sukrosa, glukosa dan fruktosa. Keseluruhan karbodhidrat yang terkandung dalam teh adalah 0,75% dari berat kering daun. Peranan karbohidrat dalam pengolahan teh hitam yaitu dapat berekasi dengan asam-aam amino dan tanin. Pada suhu tinggi akan membentuk aldehid tak jenuh dan menimbulkan aroma semacam bunga, buah, madu, dan sebagainya. 

2.2.2. Substansi pektin
Substansi pektin terutama terdiri atas pektin dan asam pektat, besarnya bervariasi yaitu 4,9% - 7,6% dari berat kering daun. Pektin akan terurai menjadi asam pektat dan metil alkohol oleh enzim pektin metil esterase. Metil alkohol ini akan menguap ke udara, tetapi sebagian yang kembali akn berubah menjadi ester-ester dan asam organik. Asam pektat dalam suasana asam akan membentuk gel. Gel ini berfungsi untuk mempertahankan bentuk gulungan daun. 

2.2.3 Alkaloid
Sifat penyegar teh berasal dari bahan alkaloid yang menyusunnya. Terdapat 3%-4% dari berat kering daun. Alkaloid utama dalam daun the adalah kafein, theobromin, dan theofolin. Kafein tidak mengalami peribahan selama pengolahan teh hitam. Kafein salah satu bahan yang menentukan kualitas. 

2.2.4 Protein dan asam-asam amino
Daun teh mengandung protein yang sangat besar peranannya dalam pembentukan aroma pada teh terutama pada teh hitam. Perubahan utama selama pelayuan adalah pembongkaran protein menjadi asam-asam amino. Asam amino bersama karbohdirat dan katekin akan membentuk senyawa aromatis. Asam amino yang banyak berpengaruh adalah alanin, fenil alanin, valin, leusin, dan isoleusin. Seluruh protein dan asam amino bebas, berkisar antara 1,4% - 5% dari berat kering daun. 

2.2.5 Klorofil dan zat warna yang lain.
Zat warna dalam daun sekitar 0,01% dari berat kering daun. Selama proses oksidasi katekin, klorofil akan terurai menjadi feofitin yang berwarna hitam. Karotenoid (zat warna jingga) dalam daun teh akan teroksidasi menjadi substansi mudah menguap yang terdiri dari aldehid dan keton tak jauh. 

2.2.6 Asam organik
Selama pengolahan teh, asam organik akan berekasi dengan metil alkohol membentuk ester.

2.2.7 Substansi resin
Kandungan resin sebesar 3% dari berat kering daun.

2.2.8 Vitamin-vitamin
Daun teh mengandung beberapa vitamin antara lain : vitamin C, K, A, B1, B2, asam nikotinat dan asam pantotenat.

2.2.9 Substansi mineral
Kandungan mineral dalam daun tgeh kira-kira 4% - 5% dari berat kering daun. Beberapa unsur mineral yaitu fosfat (mengatur pH selama oksidasi), magnesium (merupakan komponen dari klorofil), dan tembaga (merupakan gugusan prostetik dari polifenol oksidase).

2.2.10 Substansi aromatis
Aroma berasal dari glikosida yang terurai menjadi gula sederhana, senywa beraroma, protein, minyak essensial, dan adanya oksidasi karotenoid.

2.2.10 Enzim-enzim
Enzim daun teh diantaranya adalah invertase, amilase, glukosidase, oksimetilase, protease, dan peroksidase. Selain itu terdapat enzim polifenol oksidase yang berperan penting dalam proses pengolahan teh. 

Menurut Dekker (1995) komposisi senyawa kimia yang menyusun daun teh segar yaitu : polifenol, asam amino, kafein, nukleotida, posfat ester, karbohidrat, lipid, asam organik, klorofil, karotenoid, saponin, dan mineral. 

2.3 Produk Teh (teh hasil olahan)
Produk teh di Indonesia, umumnya diperoleh dari hasil pengolahan daun teh jenis Camellia sinensis L. varietas Assam. Varietas Assam lebih banyak kandungan katekin (polifenol) daripada tanaman teh jenis sinensis, yang banyak dikonsumsi di China dan Jepang. Pengolahan daun teh dimaksudkan untuk mengubah komposisi kimia daun teh segar secara terkendali, sehingga menjadi hasil olahan yang dapat memunculkan sifat-sifat yang dikehendaki pada air seduhannya seperti warna, rasa, dan aroma yang baik dan disukai oleh masyarakat. Jenis produk teh yang dihasilkan antara lain : teh hitam, teh hijau, dan teh wangi (Bambang, 1995). 

Teh sebagai bahan minuman, dibuat dari daun pucuk muda yang telah mengalami proses pengolahan tertentu. Manfaat yang dihasilkan minuman teh adalah memberikan rasa segar, dapat memulihkan kesehatan badan, dan terbukti tidak meniumbulkan dampak negatif. Khasiat yang dimiliki oleh minuman teh berasal dari kandungan bahan kimia yang terdapat dalam daun teh (Setyamidjaja, 2000). 

Menurut Arifin, dkk. (1994) dan Setyamidjaja (2000) bahwa produk teh dibagi tiga jenis berdasarkan proses pengolahannya yaitu : 

1. Teh Hitam
Teh hitam dilakukan beberapa tahap pengolahan yaitu : 

a. Penyediaan pucuk daun segar
Mutu teh hitam sebagian ditentukan oleh bahan bakunya, yaitu daun segar hasil petikan. Pucuk yang bermutu adalah daun muda yang utuh, segar dan berwarna kehijauan.

b. Pelayuan
Pelayuan bertujuan untuk mengurangi kandungan air dan melemaskan daun agar mudah tergulung. Setelah daun layu kemudian daun digulung untuk membuka sel-sel daun sehingga tercipta kondisi yang baik bagi pertemuan enzim oksidase dan polifenolnya.

Pada proses pelayuan, terjadi peningkatan enzim, penguraian protein, dan peningkatan kandungan kafein, sehingga menghasilkan bau yang sedap. Pada proses penggulungan, terjadi oksidasi yang memungkinkan terjadinya warna cokelat dan bau spesifik.

Kegiatan pelayuan meliputi : 
  • Pembeberan pucuk di dalam palung, kemudian dialirkan udara segar untuk menghilangkan panas dan air pada daun. 
  • Pengaturan udara, yaitu suhu tidak lebih 280C, kelembaban sekitar 60%-75%.
  • Lama pelayuan antara 14 – 18 jam
c. Penggulungan
Penggulungan akan membuat daun memar dan dinding sel rusak, sehingga cairan sel keluar dipermukaan daun dengan merata, dan pada saat itu sudah mulai terjadi oksidasi enzimatis. Penggulungan dilakukan dalam alat penggulung yang disebut Open Top Roller (OTR). Lama penggulungan 30-40 menit. 

d. Penggilingan
Penggilingan bertujuan untuk menghasilkan partikel yang lebih kecil sesuai kebutuhan konsumen. Lama penggilingan antara 25 – 40 menit. 

e. Fermentasi (Oksidasi enzimatis)
Fermentasi atau oksidasi enzimatis merupakan proses oksidasi senyawa polifenol dengan bantuan enzim polifenol oxidase. Agar oksidasi berlangsung dengan baik, diadakan pengaturan sebagai berikut : suhu ruanan fermentasi yang optimum 26,70C, bubuk teh disimpan dalam bak aluminium, kelembabab relatif di atas 90%, dan lama fermentasi 80-90 menit. Selama proses fermentasi dihasilkan substansi theaflavin dan theabrubigin. Substansi tersebut akan menentukan sifat warna, rasa dan aroma pada air seduhannya. 

f. Pengeringan 
Pengeringan bertujuan untuk menghentikan proses oksidasi enzimatis sehingga zat-zat pendukung kualitas mencapai keadaan optimal. Pengeringan dapat mengurangi kadar air dalam teh bubuk, sehingga teh tahan lama dalam penyimpanan. 

Proses pengeringan dilaksanakan dalam mesin pengering. Suhu dalam mesin pengering berkisar antara 820C – 990C.

g. Sortasi
Sortasi adalah kegiatan memisah-misahkan teh bubuk kering menjadi jenis-jenis tertentu sesuai yang dikehendaki. 

2. Teh Hijau
Teh hijau diolah tanpa melangsungkan terjadinya oksidasi enzimatis. Beberapa tahapan pengolahan teh hijau yaitu : 

a. Pelayuan 
Pelayuan pada pengolahan teh hijau bertujuan untuk menginaktifkan enzim polifenol oksidase dan menurunkan kandungan air dalam pucuk daun, agar pucuk menjadi lentur dan mudah tergulung. Pelayuan dilaksanakan dengan cara mengalirkan sejumlah pucuk secara berkesinambungan ke dalam alat pelayuan Rotary Panner dalam keadaan panas dengan suhu 800C – 1000C. Persentase layu sekitar 60% dengan tingkat kerataan layuan yang baik. 

b. Penggulungan 
Penggulungan pada teh hijau tidak bertujuan untuk mempertemukan enzim dengan polifenol seperti pada pengolahan teh hitam, tetapi bertujuan untuk mengeluarkan cairan sel ke permukaan daun sehingga lebih cepat terekstraksi pada saat penyeduhan air panas. Lama penggulungan berkisar antara 15 – 17 menit. 

c. Pengeringan
Pengeringan pada pengolahan teh hijau bertujuan untuk menurunkan kadar air dari pucuk yang digulung hingga 3%-4%, memekatkan cairan sel yang menempel di permukaan daun sampai berbentuk seperti perekat, dan memperbaiki bentuk gulung pada teh jadi. Mesin pengering dengan suhu 1300C – 1350C. Lama pengeringan 25 menit. 

d. Sortasi kering
Sortasi kering bertujuan untuk memisahkan, memurnikan, dan membentuk atau mengelompokkan jenis mutu the hijau dengan bentuk ukuran yang spesifik sesuai dengan standar teh hijau. 

3. Teh Wangi
Teh wangi merupakan hasil olahan lebih lanjut dari teh hijau. Menurut Kustamiyati (1975), the wangi dibuat dari the hijau yang dicampur dengan bahan pewangi, sehingga seduahnnya memiliki wangi tertentu sesuai dengan bahan pewangi pencmpurannya. Pada umumnya, bahan pewangi yang biasa digunakan yaitu : bunga melati (Jasminum sambac), bunga melati gambir (Jasminum officinale var. Grandiflorum), atau bungan culan (Aglaia odorata). 

3. Pengaruh Teh Terhadap Tubuh
Daun teh dapat dimanfaatkan sebagai tonik (obat penguat), ekspektoran, penenang, memperlancar pencernaan dan anti disentri, serta perangsang otak dan jantung (Perry & Metzger, 1980).

Teh juga memberikan efek pada tubuh manusia, diantaranya memperlancar perncernaan, dan mengatur temperatur tubuh (Perry & Metzger, 1980). Hal ini diduga karena kandungan tanin yang mencapai 25% (Graham, 1984). Struktur kimianya 
 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger