Pengertian Sistem Operasi (OS) Menurut Ahli

Pengertian Sistem Operasi (OS)
Sebuah sistem operasi , atau " OS , " adalah perangkat lunak yang berkomunikasi dengan perangkat keras dan memungkinkan program lain untuk menjalankan . Program ini terdiri dari perangkat lunak sistem , atau file dasar komputer Anda perlu boot dan fungsi . Setiap komputer desktop , tablet , dan smartphone termasuk sistem operasi yang menyediakan fungsionalitas dasar untuk perangkat.

Sistem operasi desktop umum termasuk Windows, Mac OS X , dan Linux . Meskipun setiap OS berbeda , mereka semua menyediakan antarmuka pengguna grafis , atau GUI , yang mencakup desktop dan kemampuan untuk mengelola file dan folder . Mereka juga memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi . Sementara Windows dan Linux dapat diinstal pada hardware PC standar , Mac OS X hanya dapat dijalankan pada komputer Macintosh . Oleh karena itu, perangkat keras yang Anda pilih mempengaruhi apa sistem operasi ( s ) Anda dapat menjalankan .

Perangkat mobile, seperti tablet dan smartphone juga mencakup sistem operasi yang menyediakan GUI dan dapat menjalankan aplikasi . OS mobile umum termasuk Android , iOS , dan Windows Phone . OS ini dikembangkan secara khusus untuk perangkat portabel dan oleh karena itu dirancang di sekitar input touchscreen . Sementara sistem operasi mobile awal tidak memiliki banyak fitur yang ditemukan di OS desktop mereka sekarang termasuk kemampuan canggih , seperti kemampuan untuk menjalankan aplikasi pihak ketiga dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus .

Karena sistem operasi berfungsi sebagai user interface dasar komputer , secara signifikan mempengaruhi bagaimana Anda berinteraksi dengan perangkat. Oleh karena itu , banyak pengguna lebih suka menggunakan sistem operasi tertentu . Sebagai contoh, seorang pengguna dapat memilih untuk menggunakan komputer dengan Mac OS X bukan PC berbasis Windows. Pengguna lain mungkin lebih memilih smartphone berbasis Android bukan sebuah iPhone , yang menjalankan iOS .

Ketika pengembang perangkat lunak membuat aplikasi , mereka harus menulis dan mengkompilasi mereka untuk sistem operasi tertentu . Hal ini karena setiap OS berkomunikasi dengan hardware yang berbeda dan memiliki antarmuka program aplikasi tertentu, atau API , bahwa programmer harus menggunakan . Sementara banyak program populer adalah crossplatform , berarti mereka telah dikembangkan untuk beberapa OS , beberapa hanya tersedia untuk sistem operasi tunggal . Oleh karena itu , ketika memilih komputer , penting untuk memastikan sistem operasi mendukung program yang ingin Anda jalankan .

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger