Pengertian Bulletin Board System (BBS)

Pengertian Bulletin Board System (BBS)
Bulletin Board System atau BBS adalah sebuah perangkat lunak yang berbasis komputer yang memperbolehkan orang terlibat dalam suatu diskusi, upload dan download file-file, membuat pengumuman tanpa harus terhubung ke komputer pada saat yang sama. Pada awalnya BBS diakses hanya melalui jaringan kabel telepon menggunakan modem. BBS menjadi komunitas online yang sering digunakan pada awal 80-an dan 90-an sebelum kehadiran teknologi web.

BBS pada awalnya berupa text based sebelum bentuk graphical user interface (GUI) lazim untuk digunakan. Meskipun BBS dalam bentuk web based mempunyai graphical user interface yang lebih interaktif, BBS berbentuk web pada intinya adalah sebuah website yang menggunakan konsep BBS lebih dari sekedar sebuah web server.

Ada banyak cara yang dapat digunakan sebagai media komunikasi, Bulletin board adalah salah satu strategi yang paling efektif. Bulletin board membuka pintu bagi setiap pengguna untuk memegang peranan penting di dalam nya dimana setiap pengguna dapat memulai atau membuka topik dan juga dapat memberikan komentar terhadap suatu topik. 

Bulletin board juga menjadi salah satu alat bisnis. Banyak perusahaan yang memanfaatkan bulletin boards sebagai sarana dan media komunikasi yang efektif untuk mempertahankan relasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan. Pelanggan dapat memberikan feedback secara langung dengan memanfaatkan Bulletin board. Pada perkembangannya Bulletin board juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membangun komunitas dengan fokus ketertarikan bidang minat yang berbeda-beda. Social networking website semacam friendster, facebook ataupun myspace juga tidak kehilangan momen dengan memanfaatkan Bulletin board sebagai salah satu fitur agar penggunanya dapat berbagi informasi kepada pengguna lain.

Pengguna dapat mengakses Bulletin board kapan saja mereka mau dan memberikan respon terhadap suatu topik pembahasan. Hal inilah yang menjadi kekuatan Bulletin board karena dapat menjangkau audience yang lebih luas selain itu mendapatkan respon ataupun feedback yang lebih banyak dan bervariasi sehingga pada akhirnya tanpa kita sadari terjadilah pertukaran informasi antar pengguna.

Beberapa keuntungan yang dapat diambil dengan memanfaatkan Bulletin board antara lain :
1. Dapat menjangkau audience yang lebih luas tanpa terikat waktu karena tidak adanya batasan waktu untuk mengakses Bulletin board dan merespon topik atau komen pada suatu topik pembahasan.

2. Interaksi dengan pengguna adalah keuntungan terbesar menggunakan Bulletin board. Kita dapat berinteraksi sekaligus memperoleh feedback atau respon yang bervariasi dari pengguna.

3. Penyerapan informasi yang lebih baik.. Berbeda dengan chat group, Bulletin board memberi kesempatan kepada pengguna nya untuk memahami pertanyaan lebih lama dan membentuk jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Hal ini menguntungkan karena tidak semua orang memiliki proses penyerapan informasi yang sama.

4. Sebagai arsip untuk refrensi pada masa mendatang, selain membuat FAQ (Frequently Asked Question), diskusi yang di arsipkan dapat digunakan oleh pengguna baru sebagain bahan informasi sehingga tidak diperlukan membuat topik pertanyaan yang baru.


Really Simple Syndication (RSS)
RSS adalah salah satu macam dari format Web Feed yang digunakan untuk mempublikasikan informasi yang terus berkembang seperti blog atau headline berita dalam format yang standart. Sebuah dokumen RSS (yang disebut juga “feed”, “web feed” atau “channel”) memberikan data informasi ringkas (summary), headlines atau isi penuh dari sebuah konten lengkap dengan informasi metadata seperti tanggal publikasi dan author. Penggunaan kata RSS dapat mengacu pada bayak format yakni, Really Simple Syndication(RSS 2.0), RDF Site Summary(RSS 1.0 dan RSS 0.90) atau Rich Site Summary(RSS 0.91).

Perkembangan RSS yang cepat di dunia maya telah mengubah cara pandang publisher dalam memuat konten nya. RSS dinilai menguntungkan publisher yakni dengan mengijinkan mereka untuk mensindikasi konten dengan cepat dan otomatis. Selain itu RSS juga memberikan keuntungan bagi pembaca untuk mendapatkan update informasi atau berita dari website favorite atau menggabungkan berbagai feed yang diinginkan menjadi satu. 

Tanpa RSS, kita harus mengecek suatu situs untuk mendapatkan apakah ada berita terbaru dari konten yang diinginkan. Hal ini dirasa terlalu memakan waktu. Dengan menggunakan RSS hal ini dapat dipermudah dengan bantuan RSS agregator (sebuah aplikasi yang berguna untuk mengumpulkan dan membaca RSS)

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya RSS :
1. Dengan RSS kita dapat memilih untuk melihat informasi atau berita terbaru sesuai dengan apa yang ingin kita inginkan.
2. RSS dapat mengurangi waktu untuk dapat segera mengetahui informasi atau berita terbaru.
3. RSS dapat meningkatkan traffik suatu konten atau website.

Elemen RSS 2.0
Root element adalah dan mengandung satu tag dimana di dalamnya dapat terdiri dari banyak elemen . Diagram RSS 2.0 dibagi menjadi 2 bagian, yang pertama adalah level metadata. Pada level ini dapat terdapat elemen untuk extension element dimana pada elemen tersebut kita dapat menambahkan elemen yang kita definisikan sendiri. Gambar  menunjukan struktur umum dari RSS feed sedangkan pada gambar  menunjukkan struktur elemen item dari RSS.
Feed Diagram

Gambar  Feed Diagram

Bagian kedua adalah elemen di dalam elemen pada level metadata.
Elemen pada elemen item

Gambar  Elemen pada elemen item
 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger