Data Mining Dalam Proses KDD (Knowledge Data Discovery)

Data Mining Dalam Proses KDD (Knowledge Data Discovery)
Data Selection
Pada proses ini, seluruh data yang ada si data base dihimpun dan dipilih menjadi target data. Seleksi data ini dilakukan sebelum tahap penggalian informasi yang lebih dalam. Data disimpan dalam berkas terpisah.

Pre-processing/ Cleaning
Proses pembersihan dari noise yang mengganggu data yang relevan. Proses cleaning mencakup pembuangan data yang dupliat, memeriksa data yang inkonsisten, memeperbaiki kesalahan data seperti kesalahan cetak (tipografi). Dilakukan juga proses enrichmnent yaitu menambah data ekternal yang mungkin bisa memperkaya informasi yang berkaitan.

Transformation
Seluruh data yang tealh di perkaya dan dipilih mengalami perubahan (transformasi) sesuai kebutuhan pada proses data mining. Intinya, data disesuaikan agar bisa diolah pada data mining.

Data mining
Pemilihan data yang berkaitan dengan kebutuhan. Pemilihan tersebut terdiri dari klasifikasi, regresi, clustering, dan lainnya. Proses pencarian data yang menarik menggunakan metode tertentu yang sesuai dengan tujuan dan proses KDD secara keseluruhan.

Interpretation/ Evaluation
Pola yang dihasilkan oleh data mining diterjemahkan sehingga lebih dimengerti. Tahap ini akan memeriksa apakah ada data yang bertentangan atau berbeda dengan hipotesa yang sudah dibuat sebelumnya. 

Arsitektur Data Mining
1. Data cleaning: membuang data yang tidak perlu atau noise
2. Data integration : menggabungkan data dari banyak sumber
3. Data Mining Engine : Mentranformasikan data agar bisa diolah oleh data mining
4. Pattern evaluation : untuk menemukan data yang bernilai lewat knowledge base.
5. Graphical User Interface (GUI) : untuk end user.

Kelebihan dan Kekurangan Data Mining
Kelebihan: 
  • Tidak perlu lagi jasa dalam menganalisa data perusahaan dengan cara manual karena sudah ada piranti lunak data mining yang bisa memprediksi target ke depan.
  • Meminimalkan biaya riset.
  • Meminimalkan kemungkinan kerugian ke depannya.
  • Khususnya bagi pemasaran interaktif, para pelaku bisnis yangv baru ingin membuat web, data mining membantu untuk penyusunan konten. Hal ini bisa membuat web perusahaan menjadi lebih efektif.
Kelemahan: 
Data perusahaan yang tidak lengkap membuat sistem data mining kurang akurat, terlebih bila data tersebut penting dan relevan, kelompok data yang tidak konsisten bisa membuat data sulit teranalisa. Misalnya: data customer tidak di update, sehingga customer yang tidak loyal masih masuk dalam customer tetap. 

Penggunaan Data Mining
  • Perusahaan kartu kredit dapat memanfaatkan data transaksi pelanggan-pelanggannya untuk merancang produk kredit baru yang akan menarik minat para customer tersebut.
  • Perusahaan produk makanan atau kebutuhan keseharian bisa menggunakan data mining untuk meningkatkan penjualan produk ke retailer. Dengan melihat data customer, pengiriman, competitor, kita bisa menganalisis sebab mengapa customer berpindah ke produk lainnya dan bisa menyususn strategi pemasaran baru yang lebih efektif.
  • Perusahaan farmasi bisa melihat aktivitas penjualan terkininya dan menargetkan produk apa yang kedepannya bisa lebih berkembang atau laku dipasaran.
AKAMAI
  • Merupakan penyedia jasa akselerasi konten dan kegiatan bisnis online terkemuka.
  • Dipercaya oleh lebih dari 2.000 organisasi untuk menjadikan Internet sebagai tempat yang aman dan dapat diandalkan bagi mereka untuk berbisnis.
  • Memiliki platform global dengan ribuan server yang dilengkapi khusus untuk membantu Internet agar bertahan dari permintaan konten interaktif, transaksi, dan aplikasi harian yang berlebihan.
  • Menyediakan jasa kepada konsumen tanpa perlu membangun atau memasang infrastruktur.
Sebagai profesional yang ingin meningkatkan performa dan reliabilitas Website, konten, dan aplikasi Anda, maka Akamai merupakan rekan kerja yang tepat. Akamai mendeteksi dan menghindari masalah dan kelemahan Internet yang sering muncul untuk memastikan Website tampil secara optimal, pengunduhan media dan piranti lunak tanpa gangguan, and aplikasi tampil konstan.

Cakupan Pasar
• Jasa Keuangan
Melindungi dan melakukan transaksi untuk Charles Schwab, E*TRADE, Morgan Stanley dan institusi terkemuka lainnya. 

• Permainan
Melakukan penyampaian konten permainan untuk konsol seperti Nintendo, dan membantu banyak perusahaan lain untuk bertemu gamer. 

• Hotel dan Usaha Perjalanan
Menangani penyewaan online untuk hotel dan travel terbesar di dunia seperti Expedia, Marriott, dan Travelocity. 

• Manufaktur dan Otomotif
Dipercaya oleh seluruh pengusaha otomotif teratas – Toyota, GM, Audi, BMW, dan lainnya. 

• Media dan Hiburan
Menyediakan konten untuk lima dari enam situs musik online, 29 dari 30 perusahaan media atau hiburan.

• Sektor Publik
Melakukan operasi online untuk sepuluh dari pemerintahan di seluruh dunia, seluruh cabang milliter AS, dan banyak organisasi lainnya.

• Retail dan Barang Konsumsi
Memungkinkan $100 juta pendapatan tahunan e-commerce, digunakan oleh lebih dari 85% retailer online terkemuka. 

• Piranti Lunak dan Teknologi
Digunakan oleh lima besar perusahaan anti-virus untuk menyalurkan piranti lunak secara online.

Infrastruktur Akamai


Cara Kerja
Secara singkat, server Akamai akan mengambil dan menyalin konten dari klien untuk kemudian disampaikan kepada pengguna akhir. Klien Akamai tidak perlu membangun infrastruktur karena Akamai telah membangun sejumlah server di region dunia. Dengan menggunakan server Akamai, penyaluran konten kepada pengguna akhir akan lebih cepat dan akurat.

Teknologi Akamai
EdgePlatform merupakan salah satu platform komputerisasi distribusi terbesar di dunia. Jaringan EdgePlatform memiliki lebih dari 48,000 server yang aman yang dilengkapi oleh piranti lunak yang tepat dan dipasang di 70 negara, berdasar pada matematika terapan dan algoritma, untuk memecahkan masalah kelebihan muatan dan kelemahan Internet.

Pendekatan EdgePlatform
Memotong Jalur Panjang
Server-server EdgePlatform ini ditempatkan di kurang lebih 1,000 jaringan dunia yang memantau Internet setiap saat. Akamai menyalin kemudian menyampaikan konten dan aplikasi dari server terdekat ke pengguna akhir di seluruh dunia.

Optimalisasi Jalur
Akamai memetakan keseluruhan jalur Internet untuk menghindari titik masalah, kompresi konten, dan menyalin paket data agar penyampaian aplikasi lebih cepat, lebih konstan, serta lebih aman. 

Server Akamai
  • Tokyo: Vectant dan NTT Communications
  • Beijing: ChinaNetCenter Co Ltd
  • New York: Cable & Wireless
  • Boston: Akamai Technologies Assets
  • Hong Kong: iAdvantage
  • Singapore: EyeBlaster Ltd
  • Paris: France Telecom Long Distance
  • Malaysia: Telekom Malaysia Berhad
  • Amsterdam: Global Switch
  • Sydney: Telstra BigPond Australia dan Equinix
GOOGLE ANALYTICS
Google Analytic merupakan sebuah layanan gratis dari google.com yang menyajikan informasi mengenai pengunjung dari sebuah website. Google Analytics merupakan solusi analisis web tingkat perusahaan yang memberikan informasi secara rinci tentang kunjungan situs web dan keefektifan pemasaran. Kini, fitur yang kuat, luwes, serta mudah digunakan membuat Anda dapat melihat dan menganalisis data kunjungan dengan cara baru. Dengan Google Analytics, Anda dapat membuat iklan bertarget yang lebih baik, memperkuat prakarsa pemasaran dan membuat situs web konversi yang lebih tinggi. Google Analytic merupakan salah satu aplikasi yang menyajikan informasi hasil web usage mining yang menggunakan teknik page tags.

Semua informasi tersebut disajikan dalam laporan visual yang mudah dibaca, lengkap, dan intuitif. Google Analytics tidak akan mengganggu performa atau tampilan situs Web dan tidak ada file tambahan yang harus di-host di situs Web. Dengan informasi dari Google Analytics, pengguna dapat mengarahkan lalu lintas ke situs secara lebih efisien dan mengkonversikan lalu lintas tersebut secara lebih efektif.

Dengan menggunakan google analytic, para pemilik website dapat mendapatkan informasi detail mengenai pengunjung, selain itu juga dapat mengetahui jumlah pengunjung perbulan, perhari serta jam-jam tertentu, serta jumlah pengunjung dari masing-masing negara atau kota, dan juga kita dapat mengetahui statistik jumlah pengunjung tiap halaman yang ada. Nah, dengan memakai Google Analytics ini, jumlah kunjungan ke blog atau website kita akan ditampilkan, lengkap dengan rincian-rincian lainnya, seperti jumlah halaman yang dibuka visitor, judul yang paling diminati visitor, asal negara visitor, dan lain-lain.

Google Analytics menginformasikan tentang cara pengunjung menemukan dan berinteraksi dengan situs. Pengguna dapat membandingkan perilaku dan keuntungan pengunjung yang diarahkan dari setiap iklan, kata kunci, mesin pencari, dan email, serta mendapatkan pemahaman yang berharga tentang cara menyempurnakan konten dan desain situs. Apapun ukuran situs dan bagaimanapun pengguna mengarahkan lalu lintas ke situs tersebut - dengan pencarian gratis, situs mitra, AdWords, atau program biaya per klik lainnya - Google Analytics akan melacaknya, dari klik hingga konversi.

Semua informasi tersebut disajikan dalam laporan visual yang mudah dibaca, lengkap, dan intuitif. Google Analytics tidak akan mengganggu performa atau tampilan situs Web dan tidak ada file tambahan yang harus di-host di situs Web.

Dengan informasi dari Google Analytics, pengguna dapat mengarahkan lalu lintas ke situs secara lebih efisien dan mengkonversikan lalu lintas tersebut secara lebih efektif.

Cara Kerja
Cara kerja dan penggunaan Google Analytics sangatlah mudah. Cukup dengan menyisipkan kode Javascript yang telah disediakan setelah anda menjadi anggota pengguna Google Analytics maka semua statistik halaman web yang telah disisipkan kode tersebut akan diproses oleh Google. Layanan ini memberi kemudahan dan keringanan kerja bagi webmaster atau pemilik situs.\

Google Analytics menggunakan cookie dan kode JavaScript untuk mengumpulkan informasi tentang pangunjung dan melacak data. Google Analytics secara anonim melacak interaksi pengunjung dengan situs Web, termasuk asal mereka, aktivitas mereka di situs, dan apakah mereka menyelesaikan tujuan konversi situs. Analytics juga melacak data e-commerce dan menggabungkannya dengan informasi dan konversi untuk memberikan pemahaman tentang performa iklan.

Caranya:
1. Login ke Google, bisa juga pake account email @gmail.com
2. Lalu ke: www.google.com/analytics
3. Daftar disana, dan ikuti semua langkah-langkah yang ada, nanti dikasih kode.

Contoh Kodenya:
Catatan: Kode yang diberikan sbg contoh diatas JANGAN di copy paste.
Gunakan HANYA kode yang diberikan oleh Google Analytics. Nantinya kode yang diberikan akan berbeda di yang saya kasih bold dikode.
4. Copy paste keseluruhan kode tersebut ke Blogspot.
5. Lokasi ngopi-nya: Dashboard -> Layout -> Edit HTML
6. Pada bagian "Edit Template", scroll hingga paling bawah kolom kode-kode tsb.

Cari:
7. Tambahkan (copy paste) kode dari Google Analytics tersebut persis diatas/diantara:
8. Lalu "Save Template".
9. Di akun google analyticsnya di save juga pas habis selesai pasang kode. Tunggu 24 jam sesudah kode terpasang, baru akan dihitung pengunjungnya.

Catatan: Jika mengganti Theme, seluruh widget yang terpasang akan hilang. Jadi harus dipasang kembali. Caranya:
1. Masuk ke google analytics,
2. Klik “edit” pada alamat website.
3. Klik “check status” dibagian atas.
4. Copy kembali seluruh kodenya, dan ditaruh ditempat yang sama seperti langkah2 diatas.

Phishing, Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Dalam ruang lingkup computer security, phishing adalah salah bentuk kejahatan elektronik dalam bentuk penipuan. Dimana proses phishing ini bermaksud untuk menangkap informasi yang sangat sensitif seperti username, password dan detil kartu kredit dalam bentuk menyaru sebagai sebuah entitas yang dapat dipercaya/ legitimate organization dan biasanya berkomunikasi secara elektronik.

Komunikasi yang dipakai ini mulai dalam bentuk web site social yang sangat popular di mata masyarakat, site-site auction/ lelang, pengolah transaksi online payment atau dalam bentuk lain yang biasanya user menggunakan site tersebut untuk kepentingan administrasi, seperti email site, site jejaring public, dan lainnya. Bentuk phishing yang lain adalah mengirimkan email official dan instant messaging kepada user yang biasanya menggunakan site-site legitimate dan site-site nama besar perusahaan yang dikenal masyarakat dilengkapi dengan logo perusahaan, header email official sampai dengan cap dan tanda tangan salah satu pimpinan perusahaan tersebut. 

Cukup fantastis untuk mempengaruhi user, tujuan dari phishing ini bermacam-macam:
  • Pertama, hanya untuk menangkap user account dan password, bertujuan untuk eksploitasi data user dan administrator. 
  • Kedua, memberikan tawaran investasi palsu, bertujuan untuk menipu.
  • Tiga, bisa saja memberikan informasi sesat kepada user, yang bertujuan untuk melakukan justifikasi buruk kepada perusahaan lain (black campaign). Teknik yang terakhir ini dapat dikatakan social engineering, sebuah teknik yang jarang dilakukan oleh hacker tetapi sangat ampuh untuk membuat opini buruk kepada perusahaan pesaingnya.
Teknik phishing pertama kali disampaikan dalam seminar TI di sebuah forum internasional di US oleh International HP group Interex pada tahun 1987. Istilah phisTeknik phishing pertama kali disampaikan dalam seminar TI di sebuah forum internasional di US oleh International HP group Interex pada tahun 1987. Istilah phishing pertama kali dibukukan dan dicatat pada 2 Januari tahun 1996 oleh AOL Usenet newsgroup. Istilah lain dari phishing adalah phreaking, istilah ini dipakai untuk menangkap informasi-informasi yang berjenis financial, tetapi tidak begitu popular dikalangan hacker.

Berbagai Teknik Phishing
1. Social Engineering, masyarakat memiliki sebuah reaksi terhadap kejadian-kejadian penting, teknik ini sangat ampuh digunakan oleh hacker untuk menangkap informasi-informasi penting tanpa usaha yang rumit, seperti mengirimkan header email "Bantulah Rakyat Aceh yang tertimpa Tsunami, kirimkan informasi anda sebagai volunteer", header email lain yang menyentuh "Bantulah Korban Bencana Alam Situ Gintung, kirimkan secuil harta anda kepada mereka", dan lainnya.
2. Manipulasi Link, teknik ini adalah menyesatkan user dengan mengklik salah satu URL yang ada di email legimate yang dikirimkan oleh hacker, seluruh email isinya asli dari perusahaan yang mengirimkannya, tetapi ada salah satu link yang dibelokkan oleh hacker yang akan menuju ke server lain yang bukan server sebenarnya (unlegitimate server). Nah, informasi user akan tertangkap oleh server palsu tersebut.
3. Filter Evasion, seorang ahli phisher/hacker akan menggunakan teknik ini untuk menghindari jeratan/filter phishing, biasanya akan menempelkan image untuk phishing, sehingga filter phishing yang dibuat oleh developer tidak dapat mengetahui adanya phishing atau tidak.
4. Website Forgery, seorang user sebagai korban yang mengunjungi website phishing tidak dapat mengetahui secara pasti, apakah website tersebut asli atau palsu, karena website akan dibuat sedemikian rupa sama dengan aslinya. Mungkin Anda masih ingat kasus website palsu clickbca.com atau kilkbca.com yang digunakan untuk menangkap username dan password user yang salah ketik ke situs tersebut. 

Sekarang sudah lebih aman karena dilengkapi token untuk filtering transaksi e-banking. Teknik ini sangat ampuh dan sudah lama digunakan oleh hacker untuk mengelabui user. Teknik ini terkenal dengan sebutan Man-in-the middle.

5. Phone Phishing, tidak semua serangan phishing menggunakan website palsu. Seringkali hacker menggunakan media lain yang digunakan untuk phishing. Model phone phishing digunakan para hacker untuk mengelabui para user, biasanya mengirimkan email yang berlogo asli bank yang dipakai oleh user. 

Dengan menggunakan beberapa kalimat official, hacker berdalih melakukan maintenance atau meningkatkan keamanan account bank user, si user dipersilahkan memasukkan kembali username dan password internet banking atau account banking, kemudian ditambahkan nomor telpon administrator atau customer service sebagai heldesk problem ini. Tetapi semua fasilitasi ini adalah palsu, dengan harapan user tidak sadar tertipu dan semua informasi rahasia bahkan mentransfer sejumlah dana kepada para phone phishing tersebut.

6. Teknik phone phishing yang lain adalah menempelkan script kecil ke situs-situs banking yang legitimate. Bila user tidak teliti maka user akan terkena jebakan yang akan menggiring user tersebut ke sebuah situs palsu tetapi official. Situs ini bisa dikatakan aspal, karena user tidak menyadari sedang mengakses situs palsu di dalam situs asli.

*) Penulis adalah IGN Mantra, Analis Senior Keamanan Jaringan dan Pemantau Trafik Internet ID-SIRTII sekaligus Dosen Keamanan Jaringan dan Cybercrime, dapat dihubungi di email: mantra@idsirtii.or.id.

Cara Mengatasi Phishing
Phishing filter dapat diinstal pada komputer pengguna untuk membantu mencegah serangan phishing terjadi. Filter tersebut bekerja dengan cara mengenali mana yang merupakan email sah dan yang mana yang tidak. 

Semua filter ini bekerja dengan menyediakan real-time perlindungan terhadap segala jenis penipuan phishing karena mereka mampu mengenali situs-situs palsu saat seseorang menggunakan Internet. Beberapa perusahaan seperti Microsoft telah memiliki penyaring yang diinstal ke dalam browser Internet. Anda mungkin perlu mengunduh versi terbaru dari browser untuk memperolehnya.

Filter yang diinstal ke browser Internet sekali dihidupkan akan langsung memindai setiap website yang dilihat. Kemudian mereka akan melihat lebih dekat karakteristik tertentu setiap situs dan mereka akan dapat melakukan identifikasi situs-situs yang benar dan mana yang penipuan. Begitu mereka mengidentifikasi orang-orang yang phising, kemudian mereka akan mem-blok aksesnya.

Pada kasus Citibank, untuk mengatasi phishing Citibank dapat membeli domain web site palsu ketika masa berlakunya sudah habis untuk kemudian dialihkan ke web site resmi Citibank.

1 komentar:

THE BEST SPOT MEDIA OUTDOOR mengatakan...

Kami PT Adyatmika Sakti Nusantara, beralamat di Menara Sentraya Pasaraya adalah spesialis Jasa Riset Produk berbasiskan Penelitian Konvensional dan Penelitian Data Mining berbasiskan Media Sosial. kami menawarkan special rate, selain sebagai rasa keinginan untuk memajukan industri di Indonesia, juga merupakan persiapan kami menghadapi event-event politik yang membutuhkan jasa riset yang berkualifikasi lebih tinggi Hubungi Ari (087886000787) untuk keterangan lebih lanjut.

Poskan Komentar

 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger