Pedoman Layanan Informasi

Pedoman Layanan Informasi 
Perpustakaan memiliki kewajiban yang melekat untuk memberikan layanan informasi untuk mendukung, usaha rekreasi, pribadi dan ekonomi pendidikan dari anggota komunitas masing-masing , sesuai dengan misi individu perpustakaan '. Layanan informasi di perpustakaan mengambil berbagai bentuk termasuk bantuan langsung pribadi, direktori, tanda-tanda, pertukaran informasi yang diambil dari sumber referensi, layanan konsultasi pembaca , penyebaran informasi dalam mengantisipasi kebutuhan pengguna atau kepentingan, dan akses ke informasi elektronik. Sebuah perpustakaan, karena memiliki dan mengatur untuk menggunakan konsentrasi masyarakat nya sumber daya informasi, harus mengembangkan layanan informasi yang tepat kepada masyarakat dan sesuai dengan American Library Association Perpustakaan Bill of Rights. Layanan ini harus mempertimbangkan informasi mencari perilaku, kebutuhan informasi, dan harapan pelayanan anggota komunitas tersebut . Penyediaan informasi dengan cara yang paling berguna untuk klien adalah ujian akhir dari semua perpustakaan tidak. Dalam semangat itu, panduan ini diarahkan untuk semua orang yang berbagi tanggung jawab untuk menyediakan layanan informasi, termasuk wali, administrator, pendidik, supervisor, kepala departemen, dan staf informasi di semua jenis perpustakaan.

Dengan maksud dan dengan desain , pedoman bawah membentuk sebuah pernyataan tujuan pelayanan daripada kodifikasi praktek . Alasan untuk pengecoran pedoman ini sebagai tujuan dua : pertama sehingga pernyataan ini dapat menikmati hidup yang panjang kegunaan untuk profesi dan kepada mereka yang melayani perpustakaan , dan kedua , untuk menyarankan gol untuk manajer dan penyedia layanan informasi . Karena panduan ini harus melayani kebutuhan semua jenis perpustakaan , diakui bahwa tidak setiap pernyataan dalam pedoman akan berlaku untuk perpustakaan atau jenis perpustakaan tertentu . Oleh karena itu , dalam menerapkan pedoman , staf perpustakaan akan perlu menekankan laporan keuangan tersebut sesuai dengan perpustakaan khusus mereka , misi dan komunitas yang dilayaninya , dan mereka harus berusaha untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang dinyatakan dalam laporan keuangan tersebut .

Pedoman ini menangani pelayanan informasi dari perspektif berikut :
  • layanan
  • sumber Daya
  • akses
  • personil
  • evaluasi
  • etika
Layanan
1. Tujuan layanan informasi adalah untuk memberikan informasi yang dicari oleh pengguna . Layanan informasi harus mengantisipasi serta memenuhi kebutuhan pengguna . Ini harus mendorong kesadaran pengguna potensi sumber daya informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi individual .

2. Perpustakaan harus mengembangkan informasi , referensi , dan layanan terarah sejalan dengan tujuan dari lembaga atau masyarakat yang dilayaninya .

3. Perpustakaan harus berusaha untuk menyediakan pengguna dengan lengkap , jawaban yang akurat untuk pertanyaan informasi terlepas dari kompleksitas pertanyaan tersebut .

4. Perpustakaan harus membuat bantuan pengguna tersedia dalam format yang tepat untuk membantu pengguna mengidentifikasi item dalam koleksi yang relevan dengan kepentingan dan kebutuhan mereka . Panduan Access bisa daftar jam , layanan , denah , dan data terkait lainnya tentang bangunan individu ( s ) . Guides juga dapat menawarkan bantuan dalam menggunakan sumber daya tertentu atau dalam melakukan penelitian di wilayah subjek tertentu.

5. Perpustakaan harus memberikan instruksi dalam penggunaan efektif sumber dayanya . Instruksi tersebut , misalnya , dapat mencakup penjelasan masing-masing sumber daya informasi atau penciptaan panduan dalam format yang sesuai , bantuan formal melalui wisata dan presentasi yang dirancang untuk memberikan bimbingan , dan arahan dalam mengejar informasi .

6. Perpustakaan harus secara aktif mempublikasikan ruang lingkup , sifat , dan ketersediaan layanan informasi yang ditawarkan. Ini harus mempekerjakan orang-orang media yang paling efektif dalam menjangkau seluruh klien atau segmen yang dipilih dari klien yang , yang sesuai.

7. Perpustakaan harus survei dan menilai kebutuhan informasi masyarakat dan menciptakan produk informasi lokal untuk memenuhi kebutuhan tersebut tidak dipenuhi oleh bahan yang ada .

8. Perpustakaan harus melayani masyarakatnya dengan mengumpulkan dan menciptakan informasi dan file rujukan untuk menyediakan akses ke layanan dan sumber daya lokal , organisasi regional dan negara .

9. Berdasarkan kebutuhan dan kepentingan kliennya diketahui , perpustakaan harus memberikan informasi bahkan jika itu belum secara eksplisit diminta .

10. Ketika informasi tidak segera berguna seperti yang disajikan dalam sumbernya , perpustakaan harus menambahkan nilai pada informasi tersebut. Ini proses penambahan nilai dapat berkisar dari hanya memilah dan kemasan informasi untuk meninjau dan menganalisanya untuk klien perpustakaan yang sesuai .

11. Perpustakaan harus berpartisipasi dalam konsorsium dan jaringan untuk mendapatkan akses ke sumber-sumber informasi dan layanan tidak dapat menyediakan sendiri .

12. Ketika perpustakaan tidak mampu menyediakan pengguna dengan informasi yang dibutuhkan , harus merujuk baik pengguna atau pertanyaan pengguna dengan beberapa lembaga lain , seorang ahli atau perpustakaan lain yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan . Sebelum merujuk pengguna untuk agen, ahli atau perpustakaan lainnya , personel layanan informasi harus mengkonfirmasikan bahwa badan , ahli atau perpustakaan yang pengguna yang dimaksud dapat memberikan informasi dan akan memperluas layanan kepada pengguna tersebut. Ketika pertanyaan yang disebut instansi lain , perpustakaan mengacu harus mengikuti semua lokal, negara , regional , nasional atau protokol yang berlaku , termasuk yang mengatur pemilihan bentuk pengiriman dan media komunikasi .

13. Perpustakaan harus menggunakan atau menyediakan akses ke sistem informasi di luar perpustakaan ketika sistem ini memenuhi kebutuhan informasi secara lebih efektif dan efisien daripada sumber daya internal bisa.

14. Perpustakaan harus mengembangkan dan membuat tersedia untuk publik sebuah pernyataan yang menggambarkan layanan informasi yang berusaha untuk menawarkan semua anggota masyarakat.

15, Perpustakaan harus mengembangkan dan membuat tersedia untuk umum pernyataan kebijakan layanan referensi.


Sumber
Perpustakaan harus mengumpulkan atau menyediakan akses ke sumber daya informasi erat dengan misi dan mencerminkan spektrum penuh dari populasi yang dilayaninya.

Perpustakaan harus mengembangkan koleksi dan pengembangan sumber daya informasi kebijakan yang konsisten dengan tujuan dari lembaga atau masyarakat. Sumber daya ini harus memenuhi informasi melalui konten, mata uang, format, organisasi, dan kuantitas keragaman kebutuhan pengguna.

layanan Seperti diperlukan, informasi kepegawaian harus mencapai melampaui in- house koleksi dan keahlian dalam - rumah dengan menggambar pada sumber daya dari organisasi lain yang mengumpulkan dan memberikan informasi, konsultasi dengan ahli individu, dan dengan menekan sumber-sumber informasi eksternal terlepas dari media mereka.

Perpustakaan harus menyediakan akses ke sumber-sumber referensi terbaru yang tersedia untuk memastikan keakuratan informasi.

Access
Perpustakaan harus menyiapkan layanan informasi yang sesuai dengan rencana yang koheren , dengan mempertimbangkan aksesibilitas siap pengguna. Layanan informasi ruang kerja harus cukup besar untuk menampung staf, koleksi sumber informasi, peralatan yang diperlukan untuk mengakses semua komunikasi dan peralatan lainnya, dan pengguna yang mencari layanan mereka.

Perpustakaan harus membuat area layanan untuk layanan informasi sangat terlihat dan mengakomodasi kebutuhan pengguna , termasuk pengguna yang memiliki keterbatasan . Signage harus jelas mengarahkan pengguna ke daerah di mana mereka dapat memperoleh bantuan dalam mencari informasi yang mereka cari .

Perpustakaan harus mendukung negara-of - the-art metode komunikasi untuk akses ke sumber daya informasi bagi penggunanya.

Perpustakaan harus menyediakan peralatan yang tepat dalam jumlah yang memadai dan dalam keadaan baik untuk , konsultasi efisien nyaman sumber daya lokal dan remote informasi oleh staf dan masyarakat . Ini mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk menerima dan menjawab pertanyaan untuk informasi dari pengguna komunikasi.

Personil
Perpustakaan harus menyediakan teknisi ahli yang cukup selama jam yang paling memenuhi kebutuhan informasi dan harapan masyarakat.

Informasi layanan harus berusaha untuk berkomunikasi secara efektif dengan berbagai klien perpustakaan tanpa memandang usia pengguna, jenis kelamin, preferensi seksual, etnis, kecacatan, atau kemampuan bahasa.

Informasi layanan harus memiliki pengetahuan dan persiapan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan informasi dari klien perpustakaan berfungsi . Personil yang bertanggung jawab untuk layanan teknologi informasi harus akrab dan kompeten dalam menggunakan teknologi informasi dan juga harus memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang efektif.

Melanjutkan pendidikan tenaga pelayanan informasi dasar untuk pertumbuhan profesional. Ini adalah tanggung jawab anggota staf individu untuk mencari pendidikan berkelanjutan dan lembaga mempekerjakan untuk mendukung upaya pendidikan berkelanjutan stafnya. Jika memungkinkan, lembaga harus terus memberikan program-program pendidikan.

Evaluasi
Perpustakaan harus secara teratur mengevaluasi layanan informasi untuk memastikan bahwa layanan lebih jauh tujuan lembaga dan bahwa tujuan mencerminkan kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang dilayani. Evaluasi formal dan informal harus digunakan untuk menentukan alokasi optimal sumber daya untuk memberikan layanan yang berkualitas.

Perpustakaan harus mengintegrasikan perspektif staf dan masyarakat dalam prosedur evaluasi secara keseluruhan untuk layanan informasi.

Dalam evaluasi layanan informasi , perpustakaan harus menekankan faktor-faktor yang paling penting untuk masyarakat yang menggunakan layanan tersebut . Di antaranya adalah waktu respon , aksesibilitas pelayanan ( dalam hal akses fisik , kenyamanan lokasi , kenyamanan jam pelayanan ) , nilai dan efektivitas layanan untuk berbagai kelompok di kalangan penduduk yang dilayani , dan efektivitas dalam mengantisipasi kebutuhan masyarakat nya.

Perpustakaan harus mengumpulkan statistik yang relevan untuk digunakan dalam evaluasi. Perpustakaan harus melakukan studi evaluatif dengan menggunakan teknik dan langkah-langkah yang akan menghasilkan data yang dapat dibandingkan dengan mereka yang berasal dari lembaga-lembaga sejenis dan mengatasi norma-norma nasional tersebut atau standar umum yang mungkin ada, dimodifikasi jika perlu, dengan kebutuhan lokal.

Perpustakaan harus mengevaluasi sumber daya individual dalam koleksi berdasarkan standar profesional dan kebutuhan pengguna . Hal ini juga harus mengevaluasi sumber daya informasi sebagai suatu sistem informasi terpadu , termasuk di-rumah cetak dan non - cetak serta sumber daya yang dapat diakses dari luar.

Perpustakaan harus menilai kinerja anggota staf layanan informasi individual dan kinerja kolektif bahwa staf secara berkala , dengan menggunakan teknik yang diakui evaluasi personil dan instrumen disetujui terlebih dahulu oleh orang-orang yang akan dievaluasi dan mereka melakukan evaluasi.


Etika
The American Library Association Kode Etik ( sebagaimana tercantum dalam Manual Kebijakan ALA ALA dalam Handbook of Organization) mengatur perilaku semua anggota staf yang memberikan layanan informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Artikel News Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger